Android

ANDROID

BY : ADITYA/2KA01/10109179

UNIVERSITAS GUNADARMA
2011




I. PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

Android adalah sistem operasi berlandaskan Linux yang khusus diperuntukkan bagi ponsel(handphone). Berawal dari pembelian Androic Inc oleh Googe Inc.  Kemudian. terbentuklah pengembangan android  Open handset Alliance yang terdiri dari perusahaan-perusahaan besar seperti Intel, Nvidia, Texas instrument .
Perilisan pertama android pada 5 November 2007, android bersama dengan Open Handset alliance memutuskan dukungan pada pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler yang mana android bersifat open source (terbuka) dan dapat digunakan secara gratis. 
Terdapat 2 jenis distributor sistemm operasi android. Yang pertama mendapat dukungan penuh Google dan yang kedua yaitu Open Handset Distribution (OHD). Sejak tahun 2009, hingga saat ini (22 Agustus 2010), 

1.2. TUJUAN ANDROID

Android memiliki tujuan yang diperuntukkan bagi pengguna ponsel dapat mengembangkan sendirin aplikasi yang dibutuhkan. Selain itu, android juga android dapat memanjakan pengguna dengan ribuan aplikasi yang dibutuhkan memelalui android market yang dapat di akses kapan pun dan dimana pun. Kemudahan mendapatkan informasi dan update segalanya yang berkaitan dengan android dapat diakses dan didapatkan dengan mudah .







II. PEMBAHASAN

Selama hampir 2 tahun android telah meluncurkan berbagai versi sistem operasi. berbagai fitur dan tampilan pun dikembangkan dan dibuat semenarik mungkin. Di bawah berikut adalah versi-versi android yang telah beredar dan akan beredar, yaitu :

       Android versi 1.1




Tahun 2009 Google merilis fitur ini dengan kemampuan pembaruan estesis pada aplikasi, jam alarm, pencarian suara, pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

Android versi 1.5 (Cupcake)


      Pertengahan Mei 2009, Google kembali merilis androis ini dengan menggunakan Android dan SDK (software development Kit). Pembaruan pada versi ini adalah penambahan fitur dalam menonton video dengan modus kamera, serta dapat men-upload video tersebut ke Youtube dan ke Picasa langsung dari telepon, didukung oleh Bluetooth A2DP, yang terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard dapat disesuikan dengan sistem.




      Android versi 1.6 (Donut)



     liris Pada September dengan tambahan fitur pencarian lebih meningkat, penggunaan baterai indicator dan kontrol applet VPN. Selain itu, galeri dapat dipilih oleh pengguna untuk menghapus foto kamera, camcorder dan yang diintegrasikan; CDMA/EVDO, 802.1x, VPN, Gestures dan Text-to-speech engine, kemampauan dial kontak.



Android versi 2.0/2.1 (Éclair)

     Pada 3 Desember 2009 versi ini diluncurkan. Pada versi ini pengoptimalan terjadi pada hardware, penigkatan Google Map 3.1.2, perubahan IU dengan browser baru dan adanya HTML5, daftar kontak baru, flash untuk kamera 3.2MP, digital zoom dan Bluetooth 2.1

    Android versi 2.2 (Froyo: frozen yoghurt)


  
Pada 2 Mei 2010 versi ini diluncurkan. Versi ini didukung oleh Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2-5 kali lipat lebih cepat, integrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome untuk  mempercepat rendering browser, adanya SD card, Kemampuan WiFi Hotspot portable dan auto update pada Android market





  Android versi 2.3 (Gingerbread)

   Pada 6 Desember 2010 versi ini diluncurkan. Perubahan fitur yang ada adalah, peningkatan kemampuan permainan, peningkatan fungsi copy paste, user interface didesain ulang, video dengan format VP8 dan WebM, efek audio baru,. Dukungan near Field Communication, jumlah kamera yang lebih dari satu.

Versi android pada tahun ini adalah


   Android 3.0 (Honeycomb)


           Android ice cream( kombinasi Gingerbread dan Honeycomb)













     Adapun fitur-fitur yang terdapat pada android yaitu:


  • - Kerangka aplikasi : memungkinkan penggunaan dan penghapusan komponen yang ada
  • - Dalvik mesin Virtual: msein virtual dioptimalkan untuk perangkat mobile
  • - Grafik: grafik di 2D dan 3D berdasarkan pustaka OpenGL.
  • - SQlite: penyimpanan data
  • - Mendukung media: audio, video, dengan format( MPEG4,H.264,MP3,AAC,AMR,JPG, PNG, GIF)
  • - GSM, Bluetooth, EDGE, 3G, Wifi 
  • - Kamera, GPS, Kompas, Accelerometer(tergantung hardware)


III. KESIMPULAN 


    Android mempunyai kelebihan sebagai software yang basis kode computer yang didistribusikan  open source sehingga user dapat membuat aplikasi baru di dalamnya. Android memiliki aplikasi native Google seperti Gmail, Google Maps, dan Google Calender. Dengan adanya open source ini, komunitas Android yang ada membangun dan berbagi Android berbasis firmware dengan penyesuaian fitur-fitur tambahan, seperti FLAC lossless audio dan kemampuan menyimpan download aplikasi pada microSD card.  Android Sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan, tergantung kebutuhan dari pengguna ponsel dan sistem operasi itu sendiri dapat mengoptimalkan sistem operasi android atau tidak. 






      Referensi : www.google.com (Android adalah produk Google.inc)



0 comments:

Posting Komentar