Perilaku Individu pada sebuah Organisasi

Perilaku Individu pada sebuah Organisasi

Tingkah laku seseorang dapat diartikan sebagai kegunaan dari sebuah komunikasi antara seseorang dan habitat/ lingkungan-Nya. Masing-masing orang membawa sesuatu seperti kemampuan, kepercayaan pribadi, harapan, kebutuhan, dan pengalaman lain yang dimilikinya. Sementara sifat dan karakter seseorang akan terbawa dan hadir pada habitat baru nya yang berupa organisasi. Organisasi sebagai sebuah wadah dan habitat bagi individu itu sendiri. Masing-masing organisasi memiliki ciri, sifat dan karakteristik tersendiri yang tercermin oleh perilaku individu pada organisasi yang biasa disebut anggota organisasi.


Adapun urutan-urutan kepribadian pada seseorang. Hal inilah yang menjadi dasar perilaku seseorang dalam berorganisasi, yaitu :

1. Konsepsi Id

Merupakan tempat penampungan seluruh kekuatan jiwa dan asalnya yang mengakibatkan siklus sistem dapat berjalan semestinya dalam hal ini adalah tubuh. Konsepsi Id bersumber dari keinginan ilmiah setiap orang. Pada wujud nyata disebut dengan Libido. Adapun pengaruhnya pada seseorang terhadap organisasinya adalah, keinginan untuk berkuasa dan memiliki jabatan di dalam organisasi yang diikutinya.

2. Konsepsi Ego

Ego merupakan penghubung antara prinsip-prinsip relitas dan logika seseorang. Seringkali sesorang dalam organisasi yang memiliki ego yang tinggi tidak pernah puas dan kekuasaan dan jabatan yang dimiliki. sehingga dia menginginkan yang lebih lagi.

3. Konsepsi Superego

SuperEgo disebut juga dengan moral. SuperEgo ini merupakan sarana atau alat untuk mengendalikan Ego dan Id seseorang. khusus dalam organisasi, individu yang memiliki Superego yang tinggi adalah seorang pemimpin.

Keterkaitan seseorang terhadap organisasi mencerminkan sifat dari organisai dan anggota dan organisasi itu sendiri. Karena sifat dan karakteristik tiap individu akan masuk dalam organisasi yang dia ikuti. Setelah itu akan muncul interaksi antar organisasi dan individu tersebut.



referensi gambar dan tulisan:  www.google.com



0 comments:

Posting Komentar