Antara Demokrasi & HAM dalam suatu organisasi yang disebut NEGARA

Apakah itu HAM & Demokrasi?

Demokrasi sendiri mempunyai arti sebuah sistem dari rakyat dan untuk rakyat. Hampir di seluruh belahan dunia mengamini bahwa negara tersebut menjunjung tinggi Demokrasi. Seringkali pula kita mendengar tentang Hak Asasi Manusia. Secara harfiah, Hak Asasi Manusia mempunyai arti sebuah kodrat yang telah dimiliki tiap orang setelah seseorang itu lahir dan merupakan anugerah dari Tuhan yang Maha Kuasa.

Lalu, bagaimana dengan Negara kita ini?
Apakah HAM & Demokrasi berjalan berdampingan atau bertentangan?

Indonesia merupakan negara yang berasaskan hukum, menjunjung tinggi HAM & Demokrasi. Bukti nyatanya adalah negara ini telah diakui oleh negara-negara lain dapat menjalankan sistem demokrasi dengan baik. Itulah pandangan negara lain terhadap negara ini secara eksternal. Sedangkan pada internal negara ini Demokrasi sering salah diartikan. Demokrasi seringkali dijadikan sebuah tameng. Sehingga di negara ini ketika demokrasi dijalankan, ada batasan yang sangat tipis antara Demokrasi dan HAM tersebut.

Dampak dari Demokrasi yang telah diterapkan semestinya sudah dapat dirasakan saat ini, namun belakangan  demokrasi tampak tidak lagi menjadi sesuatu yang menarik disebabkan demokrasi seringkali digunakan untuk menjatuhkan pihak-pihak yang bertentangan secara politis. Demokrasi yang seharusnya dapat dengan mudah dipahami, sebaliknya justru hadir sebagai konsumsi politikus dan provokator yang lapar terhadap kekuasaan dan kepentingan. 

Demokrasi di negara ini sudah menjadi demokrasi yang kebablasan. Kebablasan mengemukakan pendapat tidak lagi menggunakan suatu aturan, tata cara dan sopan santun, melainkan saling menghujat dan menjatuhkan satu sama lain. Ini bukanlah  bentuk asli dari sebuah demokrasi.


HAM bukanlah sebuah alat untuk menjatuhkan sebuah sistem Demokrasi. Melainkan, Demokrasi melindungi dari tiap jenjang dan tahapan dari HAM tersebut.

Apakah ini sebuah sistem dari rakyat untuk rakyat?

referensi gambar : www.google.co.id


0 comments:

Posting Komentar