SISTEM OPERASI LINUX UBUNTU

 SISTEM OPERASI LINUX UBUNTU

Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan pada Debian dan memiliki interface desktop.Ubuntu Sebuah distribusi yang disponsori oleh PT kanonik serta menerima dana besar dari Afrika Selatan ( Mark Shuttleworth salah satu pengmbang Ubuntu ). Bertujuan untuk menawarkan desktop lengkap dan halus pada satu CD. Nama Ubuntu yang berasal dari Zulu, kata “ubuntu” beruntai diterjemahkan sebagai “kemanusiaan”. Filosifi ubuntu : “Saya ada karena orang-orang di sekitar saya”.

            Ubuntu saat ini mendukung berbagai arsitektur komputer seperti PC (Intel x86), PC 64-bita (AMD64), PowerPC (Apple iBook dan Powerbook, G4 dan G5), Sun UltraSPARC dan T1 (Sun Fire T1000 dan T2000), Playstation 3.
Agar dapat menggunakan sistem operasi linux ubuntu diperlukan minimum spesifikasi sebagai berikut :
1.      Prosesor x86 300 MHz
2.      64 MB RamHarddisk 4 Gb
3.      VGA dengan resolusi pendukung video 640x480.

Sistem operasi linux ubuntu ini dapat melalukan berbagai hal antara lain:

1.      Software-software yang ditawarkan secara open source melalui ubuntu software center. Berbagai macam aplikasi telah disediakan oleh ubuntu agar user dapat dengan mudah mendapatkan software yang diinginkan.


2.      Update Ubuntu terupdate setiap 6 bulan dan setiap saat hampir selalu ada update untuk setiap program yang telah diinstall

3.      ubuntu dapat menggunakan tema-tema lain, seperti tema Mac OS.

   

              4.  Terminal pada ubuntu berfungsi sama seperti command promt pada windows. Kelebihan terminal pada ubuntu adalah dapat membuat program dalam bahasa program C



       5.  Terdapat efek-efek yang tidak terdapat pada windows. Efek-efek dapat disesuaikan dengan keinginan user melalui control center.






Terdapat banyak kegunaan-kegunaan yang dapat dilakukan oleh sistem operasi linux ubuntu yang tidak
dapat disebutkan satu per satu. Tergantung dari kebutuhan user dan pengoptimalan dari system operasi
yang digunakan. Masing-masing sistem operasi memiliki kelebihan tersendiri. Begitu pun yang terdapat pada sistem operasi linux ubuntu.


0 comments:

Posting Komentar