Tips Perawatan Processor


Adapun hal-hal yang harus diperhatikan pada processor adalah sebagai berikut :


  1. Mengisolasi begian atas processor dengan thermail paste . Thermal Paste atau Thermal Grease merupakan  bahan gel yang berfungsi untuk mengangkat panas dari prosesor ke headsink. ada dua macam thermal paste, yang berwarna silver dan putih. Thermal paste berwarna silver lebih baik kualitasnya daripada thernal berwarna putih.
  2. Terdapat sirkulasi yang baik dan lancar pada cassing, karena dapat menyebabkan memanasnya komponen hardware yang terdapat di dalam komputer apabila sirkulasi udara tidak baik.
  3. Merapikan kabel-kabel yang ada karena kabel yang rapi dapat memperlancar aliran udara dalam casing.
  4. Disarankan bagi personal computer agar membuka casing computer agar udara dapat dengan bebas masuk dan menyegarkan hardware.




Berikut tips utama untuk merawat processor :
  1. Memutuskan hubungan atau kontak listrik dari komputer Anda. Diamkan beberapa saat agar headsink lebih dingin, kemudian buka headsink dan kipas dari processor.
  2. Memisahkan  kipas dan headsink, kemudian membersihkan kipas dengan kain basah. Bersihkan celah headsink dari debu, atau cuci dengan menggunakan kuas atau sikat yang lembut. Keringkan headsink dan usahakan tidak ada sisa air di celah headsink agar tidak korslet (short).
  3. Memasang kembali kipas dengan headsink, lalu pasangkan keduanya ke processor seperti sediakala.
  4. Anda dapat melakukan perawatan 3 bulan sekali, terutama dalam ruangan yang ber-AC. Namun, jika lingkungan banyak debu, perawatan dapat dilakukan setiap sebulan sekali.

Referensi penulisan dan gambar : www.google.com

1 comments:

Your Solution mengatakan...

thanks,,,,:)

Posting Komentar